Langsung ke konten utama

PRACTICE ACTIVITY 20 (IND VER)

Hello Guys,
            Sama seperti biasanya saya akan menceritakan kegiatan saya di kampus khususnya dapur dan kali ini saya tidak membuat kue atau roti tetapi saya akan membuat Fruit Carving atau mengukir buah atau sayur untuk Garnish semua makanan atau Set Up-an suatu makanan.

            Seperti yang kita ketahui bahwa Fruit Carving adalah salah satu seni mengukir buah buahan ini. biasanya disajikan dalam acara besar seperti membuat tumpeng nasi kuning. Seni ini merupakan andalan pariwisata negara thailand. Thailand dikenal sebagai salah satu negara penghasil buah buahan terbaik di dunia. sehingga tidak asing bila seni ini sangat dikembangkan di negara thailand. Buah buahan yang biasa digunakan antara lain buah melon, semangka, mentimun, jeruk, wortel, tomat, dll. Tak hanya kayu dan batu saja yang bisa di ukir. Buah-buahan pun menjadi sangat cantik dan menarik ketika disentuh oleh tangan para seniman fruit carving.
            Dengan cekatan para seniman ini menjadikan buah-buahan utuh berubah menjadi layaknya patung yang memiliki nilai seni tinggi. Inilah Fruit Carving, sebuah seni dalam menghidangkan makanan dengan keindahan, biasanya media yang digunakan adalah buah-buahanan yang berbentuk bulat serta memiliki tekstur yang lunak. Menghias atau menggarnish ini mempunyai keahlian khusus, karena di samping membutuhkan keahlian, ketelatenan, dan daya imajinasi yang kuat, juga membutuhkan orang yang memang memiliki jiwa seni yang tinggi. Bahkan tidak semua chef yang berpengalaman dapat menciptakan dan menuangkan idenya agar penampilan hidangan itu menarik.
             Daya cipta dan kreativitas ide dalam penyajian hidangan itulah yang mahal karena terkandung nilai seni yang tinggi. Seni mengukir buah dan sayuran inilah yang di sebut Fruit Carving. Dalam seni Fruit Carving, seseorang akan memahat dan mengukir sebuah buah menggunakan alat-alat yang cukup sederhana yaitu, cutter, pisau bergerigi dan tusuk gigi jika diperlukan. Atau menggunakan alat khusus. Yang paling umum adalah pisau ukir. pisau yang digunakan pun bervariasi, dan memiliki fungsinya masing – masing ada yang berujung bengkok, untuk membuat guratan melengkung, ada yg berujung panjang, dan runcing, biasanya digunakan untuk membuat guratan kecil, dan tajam, serta ada juga yang berbentuk seperti pahat, dan memiliki bentuk yang berbeda – beda, yang berfungsi untuk membuat guratan menyerupai kelopak bunga, dan masih banyak jenis pisau lainnya.

           Dan kali ini saya membuat Carving dari Wortel, menggunkan Wortel sudah ditentukan sebelumnya untuk membuat carving karena kita ketahui bahwa tektur dari wortel itu keras sehingga kita di uji bagaimana mengukir dari bahan yang keras, apabila bahan keras sudah bagus atau lancar itu akan mempermudah lagi apa lagi kalau menggunakan bahan yang lebih lembut atau tidak keras seperti Apel, Semangka, Pepaya dll. jadi itu sebab mengapa kita sebagai pemula mengukir atau Carving menggunakan bahan yng keras.

           Yang saya buat adalah carving yang berpisah yang nantinya akan dirangkai menjadi satu bagian, banyak jenis - jenis carving lainnya yang tidak berpisah atau utuh tanpa harus dirangkai tetapi saya lebih memili untuk terpisah karena akan mempermudah saya sebagai pemula.

            Inilah hasil rangkaian saya buat yang terdiri dari Daun, Bunga, dan Buah Bunga menjadi 1 rangkaian, untuk saya sebagai pemula dan kali pertama saya dalam mengukir cukup senang meskipun hasilnya tidak begitu bagus menurut saya karena dalam Carving ini harus memiliki jiwa seni yang tinggi serta teliti dan sabar dalam setiap ukirannya.
           Jadi itulah kegiatan saya pada kali ini saya harap kalian bisa mencoba membuat Carving ini dengan berbagai macam jenis dan variasi sesuai yang di ingin dan sampai ketemu di postingan berikutnya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRACTICE ACTIVITY 9 (IND VER)

Hello Guys,           Kali ini saya akan menceritakan aktivitas saya di dapur, dan pada kesempatan ini sedikit berbeda seperti  biasanya karena kali ini saya akan membuat Tape atau Tapai.           Tapai atau tape adalah kudapan yang dihasilkan dari proses fermentasi bahan pangan berkarbohidrat sebagai substrat oleh ragi. Di Indonesia dan negara-negara tetangganya, substrat ini biasanya umbi singkong dan beras ketan. Ragi untuk fermentasi tapai merupakan campuran beberapa mikroorganisme, terutama fungi (kapang dan jamur), seperti Saccharomyces cerevisiae, Rhizopus oryzae, Endomycopsis burtonii, Mucor sp., Candida utilis, Saccharomycopsis fibuligera, dan Pediococcus sp, namun tidak tertutup kemungkinan jenis lain juga terlibat. Tapai hasil fermentasi dengan ragi yang didominasi S. cerevisiae umumnya berbentuk semi-cair, lunak, berasa manis keasaman, mengandung alkohol, dan memiliki tekstur lengket. Produksi tapai biasanya dilakukan oleh industri kecil dan menengah. Jenis Tapai

VIDEO BASIC PREPARATION 1

FRENCH DRESSING SAUCE                  French dressing is a term originally used for any oil-and-vinegar-based salad dressing. Today, it refers to a creamy ketchup-based dressing which varies in color from pale orange to bright red. It can be made by blending olive oil, vinegar, tomato paste, ketchup, brown sugar, paprika, and salt. In the United States during the 1950s, manufactured "French dressing" was developed. The manufactured version is sweet in taste and colored orange-to-red from the use of paprika and tomatoes. In manufactured versions, "French dressing" is generally a pale orange and creamy, while "Catalina French dressing" is generally bright red and less creamy in nature.                   The term French dressing or Vinaigratte used in food processing is an unstable mixture or emulsion between oil, water and spices. French dressing, derivatives: a) English mustard b) French mustard c) Lemon dressing d) Miller dressin

PRACTICE ACTIVITY 19 (ENG VER)

Hi You,           I will tell you about my activities as usual in the kitchen and this time I will make one of the Traditional Cakes, Lapis Legit ( Spekkoek ), Lapis Legit is no stranger to Indonesians because there are many productions that make it easy to reach then the price is friendly in the mother's pocket , indirectly discussing Lapis Legit will definitely think of cakes that have many layers that have yellow color and each layer is brownish and tastes distinctive so on this occasion I will explain how to make this Traditional Cake.            Spekkoek (kue lapis legit or spekuk in Indonesian) is a type of Indonesian layer cake. It was developed during colonial times in the Dutch East Indies. The firm-textured cake is an Indo (Dutch-Indonesian) version of the European multi-layered spit cake. However it is not baked on a rotating spit, and contains a mix of Indonesian spices, such as cardamom, cinnamon, clove, mace and anise. The cake is made of flour and yolk